Al-Hasanah Publishing

Al-Hasanah Publishing
Punya naskah? Ingin diterbitkan jadi sebuah buku? Percayakan naskah Anda bersama penerbitan kami

Selasa, 29 Januari 2019

Pengertian Museum dan Museologi

A. Pengertian Museum
Kata “Museum” berasal dari bahasa Yunani Kuno, “Mouseion” yang artinya, “Kuil atau rumah ibadah tempat menyembah 9 Dewi Muze, Dewa Utama dalam Pantheon Yunani Klasik”. Kuil atau tempat ibadah pemujaan Dewi-Dewi Muze inilah yang disebut “Muzeum”. Dengan demikian kata Museum pada awalnya berasal dari kata “Muze”, kemudian dalam bahasa Yunani menjadi “Mouseion” lalu ditransfer ke dalam bahasa latin dan Inggris menjadi kata “Museum”.

Sesuai dengan perkembangannya, arti kata ‘Museum” kemudian menjadi tempat menyimpan benda-benda sejarah, dll (Kamus Umum Bahasa Indonesia W.J.S. Purwadarminta).  Namun arti kata ini terlalu sempit, kemudian Ensiklopedia Indonesia jilid ke 4 mengartikan agak luas yaitu; “Gedung yang dipergunakan sebagai tempat pameran tetap benda-benda yang patut mendapat perhatian”.
Adapun pengertian kata Museum menurut beberapa ahli permuseuman mengemukakan bahwa:
  1. Menurut Advanced Dictionary, “Museum ialah sebuah gedung dimana di dalamnya dipamerkan benda-benda yang menggambarkan tentang  seni, sejarah, ilmu pengetahuan, dan sebagainya”.
  1. Douglas A. Allan mengemukakan bahwa;“ Museum dalam pengertian yang sederhana terdiri dari sebuah gedung yang menyimpan kumpulan benda-benda untuk penelitian studi dan kesenangan”.
  1. C. Parker (Akhli Permuseuman Amerika);“Sebuah Museum dalam pengertian modern ialah sebuah lembaga yang secara aktif melakukan tugas, menjelaskan dunia, manusia dan alam”.
  1. Museum Association of Great Britain, membuat rumusan sbb; “Museum adalah sebuah lembaga yang mengumpulkan, mendokumentasikan, merawat, memamerkan, dan menjelaskan benda-benda pembuktian dan informasi yang ada kaitannya untuk keuntungan pengunjung”.
  1. ICOM (International Council of Museum), merupakan definisi museum dalam General Assembly of ICOM ke XI di Copenhagen 1974, sbb; “Museum adalah sebuah lembaga yang bersifat tetap, tidak mencari keuntungan, melayani masyarakat dan perkembangannya, terbuka untuk umum yang memperoleh, merawat, menghubungkan dan memamerkan untuk tujuan-tujuan study, pendidikan dari kesenangan, barang-barang pembuktian manusia dan lingkungannya”.
  1. Rijk Commissie (1921);Museum adalah lembaga yang menetapkan dan bersama-sama bekerja untuk menggelar karya-karya manusia, ditujukan bagi para pengunjung, dan orang yang tidak memiliki keahlian khusus.
  1. Helmut Preser (1970-an);Museum adalah suatu bangunan yang dibangun secara terencana, berisi karya manusia yang bernilai seni dan ilmiah.
  1. Menurut Pott (1970); Museum adalah yayasan/penyelenggara bangunan museum, berada dibawah pimpinan penyelenggara yang dapat dipertanggungjawabkan, di bawah sejumlah staf yang memiliki keahlian di berbagai bidang, seni, ilmu pengetahuan, teknik dan pengetahuan alam serta paham akan masalah sosial dengan menggunakan dokumen-dokumen yang dapat dipertanggungjawabkan, menggunakan berbagai sarana teknis, registrasi, pemeliharaan, penyimpanan, mengerjakan, mempelajari karya manusia dengan tujuan untuk dipresentasikan kepada public dengan dasar penelitian pengguanaan.
  1. Menurut Jolanda Srisusana Atmadjaja (2002); Museum merupakan bangunan public berorientasi kebudayaan, baik ditinjau dari fungsi utama sebagai sarana pengdokumentasian benda-benda bersejarah dan objek penelitian lain, pusat penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, seni dan budaya, maupun ditinjau dari perkembangannya yang dipengaruhi oleh dinamika kondisi lingkungan sosial, politik, budaya dan ekonomi.

B. Pengertian Museologi
Museologi adalah ilmu yang mempelajari bermacam-macam museum berdasarkan pengalaman-pengalaman untuk dibandingkan. Maksudnya ialah untuk mencari cara yang tepat guna menyelenggarakan museum dengan baik.

SUMBER PUSTAKA
 Anonim. 2008.  Buku Petunjuk UPTD Museum La Galigo. Makassar: UPTD Museum La Galigo.
http://www.petra.ac.id/museum. Di download, 25 Agustus 2010.
http://www.repository.gunadarma.ac.id/citra_museum_jolanda.pdf. Di download, 25 Agustus 2010.

Tidak ada komentar: