Al-Hasanah Publishing

Al-Hasanah Publishing
Punya naskah? Ingin diterbitkan jadi sebuah buku? Percayakan naskah Anda bersama penerbitan kami

Senin, 16 September 2019

Teori Yang Berhubungan Dengan Kebudayaan

  1. Tyor melihat kebudayaan sebagai "suatu kesatuan kompleks yang terdiri dari pengetahuan, kepercayaan, hukum, moralitas dan adat istiadat".
  2. Clifford Geertz yang mencoba mempertajam pengertian kebudayaan sebagai "pola-pola arti yang terwujud sebagai simbol-simbol yang diwariskan secara historis..dengan bantuan manusia mengkomunikasikan, melestarikan dan mengembangkan pengetahuan dan sikap terhadap hidup".
  3. Koentjaraningrat (1985:180), pada dekade 1970an mendefenisikan kebudayaan sebagai keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik manusia dengan belajar.
  4. Kemajemukan kebudayaan terwujud bukan karena terisolasinya kelompok-kelompok sosial, melainkan justru karena adanya kontak secara terus-menerus antara kelompok-kelompok tersebut (Levi-Strauss, dikutip dalam Sahlins 1994:387).
  5. Setiap masyarakat di muka bumi ini pada dasarnya merupakan suatu "masyarakat global" (Sahlins, 1994:387).
  6. Menurut Levi-Strauss, identitas atau jati diri para pendukung suatu kebudayaan menjadi kuat karena isolasi tetapi justru karena adanya interaksi antara budaya.

Tidak ada komentar: