Al-Hasanah Publishing

Al-Hasanah Publishing
Punya naskah? Ingin diterbitkan jadi sebuah buku? Percayakan naskah Anda bersama penerbitan kami

Sabtu, 06 Maret 2021

Pengertian dan Keadaan Alam Kepulauan Melanesia

 

 
en.wikipedia.org

 

 Secara harfiah, kata Melanesia berarti pulau-pulau hitam. Istilah ini pertama kali digunakan pada tahun 1927 oleh seorang nahkoda kapal bernama Domout d'Urville yang berasal dari Perancis. Selama bertahun-tahun yaitu sebelum adanya kajian yang komprehensif mengenai bahasa yang ada di Pasifik, baik orang Papua dan Melanesia digolongkan ke dalam kategori penutur bahasa Melanesia. Melanesi disebut juga dengan istilah "black islands", terutama New Guinea dan pulau-pulau kecil disebelah baratnya.

Daerah yang termasuk dalam wilayah Melanesia adalah gugusan kepulauan Solomon, Bismarck Archipelago, Santa Cruz, New Caledonia, Vanuatu, New Britain, New Ireland, dan Fiji serta ratusan pulau-pulau kecil yang merupakan bagian dari gugusan kepulauan tersebut. Menurut Peter Bellwood pada tahun 2005 bahwa yang tergolong dalam wilayah Melanesia meliputi Fiji, Pulau Biak, Vanuatu, New Britain, New Ireland, Sepik, dan Admiralty. New Guinea bagian barat disebut dengan wilayah Papua atau Irian Jaya yang termasuk ke dalam wilayah Indonesia, sedangkan pada bagian timur merupakan wilayah dari Papua New Guinea.

Sebutan New Guinea diberikan oleh seorang pelaut Spanyol yang bernama Ynigo Ortiz Deretes. Ynigo Ortiz Deretes pernah mengunjungi pantai utara Papua. Dia memberikan nama New Guinea karena melihat adanya kesamaan antara kulit orang Papua dengan penduduk pantai Guinea di Afrika. New Guinea memiliki luas sekitar 800.000 kilometer persegi yang merupakan salah satu dari tiga pulau terbesar di dunia. Dilihat dari luas wilayahnya, New Guinea berada pada urutasn kedua di bawah Greeland dan berada di atas Kalimantan.

Secara geografis, wilayah Melanesia terdiri atas pulau-pulau yang memiliki hubungan antara pulau yang satu dengan pulau lainnya. Wilayah Melanesia tersusun atas batuan vulkanik atau kural yang berhubungan dengan daratan pulau Irian. Setelah masa Past Cosmost, daratan tersebut tergenang air laut. Genangan air laut di atas daratan vulkanik tersebut disebut dengan "Lautan Oceania". Berdasarkan geografi, wilayah Melanesia dibedakan atas Daratan Tinggi New Guinea dan kepulauan Melanesia (termasuk pantai New Guinea).

Tidak ada komentar: