Al-Hasanah Publishing

Al-Hasanah Publishing
Punya naskah? Ingin diterbitkan jadi sebuah buku? Percayakan naskah Anda bersama penerbitan kami

Sabtu, 02 Februari 2019

Biografi James P. Delgado

James P. Delgado merupakan seorang arkeolog maritim, penjelajah, dan penulis. Beliau lahir pada tanggal 11 januari 1958 di San Francisco, California. Delgado terkenal sebagai seorang arkeolog kemaritiman yang bekerja di Maryland, Amerika Serikat. Dia memiliki dua kewarganegaraan yaitu AS atau Kanada. James P. Delgado, PhD, FRGS, RPA, telah memimpin atau berpartisipasi dalam ekspedisi kapal karam di seluruh dunia. Dia telah menghabiskan eksplorasi bawah laut dan telah menemukan banyak situs arkeologi baru di seluruh dunia.
Eksplorasi bawah lautnya meliputi RMS Titanic, penemuan Carpathia, kapal yang diselamatkan yaitu kapal Titanic, dan "kapal hantu" yang terkenal Mary Celeste, serta survei dari USS Arizona di Pearl Harbor, armada tenggelam yang di bom atom - kapal perang di Atol, eksplorasi kutub kapal Maud yang karam di kutub utara, reruntuhan 1846 dari penjara angkatan laut Somers Amerika Serikat, cerita yang ceritanya tragis yaitu Herman Melville Billy Budd, dan Sub Kelautan Explores, era perang sipil menemukan dan terkenal tertua di dunia dalam menyelam kapal selam. Pekerjaan arkeologinya juga termasuk penggalian kapal kara dan bangunan runtuh di sepanjang pantai yang sekarang terkubur di Gold Rush San Francisco.

Kesuksesan Delgado berawal dari kecintaannya terhadap masa lalu ketika beliau berumur 10 tahun. Hal itu terjadi karena beliau melihat adanya banyak arkeolog yang menggali di dekat rumahnya. Penggalian tersebut berupa pembangunan sepanjang beberapa mil yang menggali sisa-sisa penjajahan selama ribuah tahun yang pernah tinggal disana, Ohlone namanya.
Delgado kemudian memulai menyentuh masa lalu ketika ia berumur 14 tahun. Kejadian tersebut terjadi secara kebetulan ketika ia lewat di tempat pekerja konstruksi sedang bekerja. Di lokasi tersebut yang menggali adalah mahasiswa lulusan arkeologi dari San Jose State. Beliau berjalan sendiri melewati gundukan tanah yang dibajak oleh buldozer, dan parit yang didalamnya dipotong oleh backhbone. Setelah diamati, ternyata beliau dikelilingi oleh orang mati digalian. Garis besar dari temuan tersebut yaitu emas yang bernoda kurva tulang rusuk dan tengkorak menonjol, seperti fosil, yang ditemukan di dinding samping parit.
Dalam penggalian tersebut, Delgado juga ikut membantu mereka. Temuan yang ia peroleh lalu ia bawa pulang dan mencucinya di rumahnya. Setelah temuan itu ia cuci, temuan kemudian dibawanya ke universitas tempat kuliah para arkeolog yang menggali di tempat tersebut. Para mahasiswa yang menggali tersebut kemudian terus mengajak beliau datang ke universitas mereka. Kemudian arkeolog lokal Rob Edwards dan Chester dan Linda Raja, mengajak Delgado menghabiskan akhir pekan dan sore hari bersama mereka untuk berjalan melalui ladang dan kebun sekitar untuk mencari jejak tanda pemukiman prasejarah.
Pada tahun 1981, Delgado kuliah di San Francisco State University, San Francisco, California. Dia mengambil jurusan American History. Kemudian pada tahun 1985, beliau melanjutkan studi di daerah Greenville, North Carolina. Beliau mengambil studi Maritime History and Underwater Research di East California University. Selanjutnya beliau mengambil studi kearkeologiannya pada tahun 2006 di Simon Fraser University, Bumaby, British Columbia.
Delgado juga telah bekerja mulai tahun 1973 dan telah bekerja dibeberapa tempat seperti:
  1. Asisten Kurator, Museum Almaden Baru, Baru Almaden, California 1973-1977. Sebuah museum kecil milik pribadi yang mengkhususkan diri dalam merkuri, budaya pertambangan Amerika lokal asli dan sejarah lokal.
  2. Kurator, Roberto Adobe, San Jose, California 1977-1978. Sebuah museum swasta di rumah pribadi 1835-1847.
  3. Asisten sejarawan daerah, Departemen dalam negeri Amerika Serikat, National Park Service, Kantor Wilayah Barat, San Francisco, California Mei 1978 hingga Juni 1979. Sejarah pelestarian, sejarah dan manajemen bantuan untuk Amerika Serikat bagian barat Amerika dan Pasifik.
  4. Sejarawan, Departemen dalam negeri Amerika Serikat, National Park Service, Gerbang Rekreasi Nasional Area, San Francisco, California pada Juni 1979-Maret 1987. Sejarah pelestarian, sejarah, dan penelitian arkeologi sejarah, bantuan manajemen dan perencanaan untuk taman nasional 70.000 hektar dengan unit beragam termasuk Alcatraz, bagian-bagian dari Presidio San Francisco, dan Museum Maritim Nasional, San Francisco.
  5. Sejarawan Maritim National Park Service dan Kepala Maritim Nasional Initiative, National Park Service, Washington, DC pada Maret 1987 sampai April 1991. Sejarah, pelestarian sejarah, bantuan manajeman sumber daya maritim, dan interpretasi sumber daya maritim dalam Sistem Taman Nasional. Program plestarian manajemen maritim pemerintah Amerika Serikat, menekankan persediaan nasional, stndar dan pedoman untuk restorasi dan bantuan teknis.
  6. direktur Eksekutif, Vancouver Maritime Museum, Vancouver, British Columbia, Kanada pada April 1991 sampai Juni 2006. Bertanggung jawab untuk perencanaan jangka panjang eksekutif, penggalangan dana, hubungan msyarakat, pameran, manajemen keuangan dan administrasi dari British Columbia museum utama maritim.
  7. Presiden & CEO, Institut Arkeologi Nautical, College Station, Texas dan Bodrum, Turki pada Juli 2006 sampai Oktober 2010. Bertanggung jawab untuk perencanaan jangka panjang eksekutif, penjangkauan masyarakat, hubungan media, penggalangan dana dan pengembangan, keanggotaan dan proyek pengembangan organisasi terkemuka di dunia yang didedikasikan untuk arkeologi kapal, pelayaran dan praktek arkeologi bawah air.
  8. Direktur Warisan Kelautan, Kantor Perlindungan Laut Nasional, Nasional Oceanic & Atmospheric Administration, Silver Spring, Maryland, Oktober 2010 hingga sekarang. Pengawasan dan arah kegiatan warisan dan budaya maritim, termasuk perencanaan, proyek, penjangkauan dan kemitraan di tempat kudus Sistem Nasional Laut Amerika.


SUMBER PUSTAKA

http://en/wikipedia.org/wiki/James_P._Delgado. Diakses, 17 September 2011.
http://www.jamesdelgado.com/. Diakses, 17 September 2011.
http://ehlt.flinders.edu.au/conferences/archaeology/speakers.html. Diakses, 17 September 2011.

Tidak ada komentar: