Al-Hasanah Publishing

Al-Hasanah Publishing
Punya naskah? Ingin diterbitkan jadi sebuah buku? Percayakan naskah Anda bersama penerbitan kami

Sabtu, 02 Februari 2019

KLASIFIKASI

BAB I
LATAR BELAKANG

Klasifikasi merupakan pengelompokan suatu benda/makhluk hidup berdasarkan persamaan-persamaan ciri, cara hidup, tempat hidup, dan daerah penyebaran. Klasifikasi bertujuan untuk membedakan tiap-tiap jenis agar mudah dikenal, mengelompokkan suatu benda/makhluk hidup berdasarkan persamaan ciri, mengetahui hubungan kekerabatan antar makhluk hidup, mempelajari evolusi makhluk hidup atas dasar kekerabatannya. Dengan melakukan klasifikasi, kita dapat lebih mudah dalam mempelajari benda/makhluk hidup yang beranekaragam, dan untuk memperlihatkan hubungan kekerabatan antara benda/makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya.
Dalam laporan ini, kami mencoba untuk mengklasifikasi mobil yang berada di parkiran Rektorat Universitas Hasanuddin. Parkiran ini berada di sebelah selatan dari gedung Rektorat Unhas, dan di sebelah selatan parkiran ini, terdapat gedung Pusat Penelitian. Parkiran Rektorat Unhas ini berbentuk sebuah lingkaran dan dikelilingi oleh jalan. Bagian dalam parkiran, ditumbuhi oleh banyak pepohonan dan rerumputan. Di tengah-tengah tempat parkir terdapat sebuah tempat-tempat-tempat duduk yang berbentuk seperti halte. Klasifikasi yang kami lakukan dengan melakukan dasar-dasar klasifikasi, berupa berdasarkan merek mobil, jumlah plat, jumlah muatan, warna mobil. Adapun metode yang kami lakukan adalah pencarian data pustaka di internet dan pengamatan langsung di lapangan
Berdasarkan hal tersebut, maka kami mencoba untuk membuat laporan yang berjudul “Klasifikasi Mobil di Parkiran Rektorat Universitas Hasanuddin”.  Laporan ini dapat menjadi acuan untuk mengetahui bagaimana mempelajari benda-benda yang beraneka ragam agar mudah dikenali.



BAB II
PEMBAHASAN

2.1. Klasifikasi Berdasarkan Merek Mobil
Klasifikasi berdasarkan merek mobil dilakukan agar mengetahui merek mobil yang paling banyak diminati oleh orang-orang yang parkir di parkiran Rektorat Unhas. Hal ini dapat dilihat pada tabel klasifikasi berdasarkan merek mobil di bawah ini:

No.Merek MobilJenis MobilJumlah
1SuzukiEscudo 1
X-Over 1
Super Carry 1
Karimun2
Baleno 5
APV 4
Katana 2
Rush 1
Grand Livina 1
Swift 1
2DaihatsuTaft 1
Taruna 3
Feroza3
Terios2
Terios TX 1
3ToyotaCorolla2
Vios 4
Kijang 25
Avanza 16
Kijang LGX 2
Yaris 3
Kijang SSX2
Kijang SGX2
Kijang LSX 1
Fush1
Kijang Innova3
Kijang SX 1
4HondaCR-V 3
Hyundai Getz 1
Jazz 2
Sedan 1
5ProtonCampro 1
6PantherIsuzu 1
7MitsubishiKuda1
Bus Mini 2
8NissanGrand Livina 4


2.2. Klasifikasi Berdasarkan Jumlah Plat
Klasifikasi berdasarkan jumlah plat dilakukan agar dapat mengetahui tingkat ekonomi orang-orang yang parkir di parkiran Rektorat. Hal ini dapat dilihat pada jumlah plat yang sedikit (berjumlah satu) memiliki nilai pajak yang tinggi. Dengan kata lain, nilai ekonominya cukup besar. Klasifikasi berdasarkan jumlah plat dapat dilihat pada tabel sebagai berikut:

No.Jumlah PlatMerek MobilJumlah
11Suzuki 1
Toyota 1
Honda 1
22Suzuki 1
Toyota 3
Honda 1
Mitsubishi1
33Suzuki 16
Daihatsu 10
Toyota 34
Honda4
Nissan 1
44Suzuki 3
Daihatsu2
Toyota 24
Honda 1
 Proton1
Panther 1
Mitsubishi 2
Nissan 3


2.3. Klasifikasi Berdasarkan Jumlah Muatan
Klasifikasi berdasarkan jumlah muatan dilakukan untuk mengetahui nilai kekerabatan orang-orang yang parkir di parkiran Rektorat. Dimana, mobil dengan jumlah muatan yang lumayan besar lebih mementingkan nilai kekerabatan karena jumlah orang yang dapat ditampung lebih besar. Klasifikasi berdasarkan jumlah muatan dapat dilihat pada tabel sebagai berikut:

No.Jumlah MuatanMerek MobilJumlah
15Suzuki5
Daihatsu3
Toyota10
Honda5
Proton1
Nissan4
 28Suzuki5
Toyota41
Panther1
Mitsubishi1
 39Suzuki2
Daihatsu7
Toyota11
 424Mitsubishi2


2.4. Klasifikasi Berdasarkan Warna Mobil
Klasifikasi dilakukan berdasarkan warna mobil untuk mengetahui warna apa yang paling diminati oleh orang-orang yang parkir di parkiran Rektorat Unhas. Hal ini dapat dilihat pada tabel berikut ini:

No.Warna MobilMerek MobilJumlah
1MerahSuzuki 2
Daihatsu 1
Toyota 10
Honda1
Panther1
2Abu-abuSuzuki2
Toyota6
Nissan1
3HitamSuzuki7
Daihatsu4
Toyota 21
Honda 3
Proton 1
Nissan2
4SilverSuzuki3
Daihatsu2
Toyota9
Honda 2
5BiruSuzuki3
Daihatsu 3
Toyota9
Honda 1
Mitsubishi1
6CoklatSuzuki 1
7PutihSuzuki 1
Daihatsu1
Toyota 1
Mitsubishi 2
Nissan1
8UnguSuzuki 1
9PinkSuzuki 1
10HijauDaihatsu 1
Toyota 4
11CreamToyota 2



BAB III
PENUTUP

 Setelah mengambil data dan mengklasifikasikannya, kami dapat menyimpulkan bahwa:
  1. Jumlah orang-orang yang memakai mobil bermerek Toyota, sekitar 62% dari jumlah keseluruhan mobil yang didata. Jenis mobil Toyota yang paling banyak adalah jenis Kijang. Ini berarti, orang-orang diparkiran lebih banyak tertarik atau menyukai merek mobil Toyota berjenis Kijang.
  2. Dilihat dari hasil klasifikasi berdasarkan jumlah plat mobil, jumlah plat yang paling banyak digunakan adalah plat berjumlah tiga. Plat berjumlah tiga ini sekitar 65% dari jumlah mobil yang ada. Hal ini berarti, tingkat ekonomi orang-orang yang memarkir mobil mereka di parkiran rektorat, memiliki ekonomi yang lumayan tinggi. Ini dikarenakan, semakin sedikit jumlah plat mobil berarti semakin tinggi pula pajak yang harus dibayar.
  3. Berdasarkan hasil klasifikasi dilihat dari jumlah muatan, mobil yang paling banyak adalah mobil yang memiliki muatan berjumlah delapan. Jumlah mobil bermuatan delapan sekitar 48%. Ini berarti, nilai kekerabatan pemilik mobil cukup besar dengan banyaknya orang yang dapat ditampung dalam satu mobil.
  4. Jumlah mobil di parkiran rektorat yang menggunakan mobil berwarna hitam sangat banyak, yaitu sekitar 38%. Dari hasil tersebut, dapat diketahui bahwa orang-orang tersebut lebih menyukai warna yang netral, tidak mudah kotor, dan lebih terlihat mewah.
Dilihat dari semua klasifikasi, dapat ditarik satu kesimpulan bahwa orang-orang yang parkir di parkiran Rektorat Unhas memiliki minat yang sama, ekonomi yang lumayan tinggi, dan memiliki nilai kekerabatan yang cukup tinggi.



SUMBER PUSTAKA

 http://id.wikipedia.org/wiki/klasifikasi

Tidak ada komentar: