Al-Hasanah Publishing

Al-Hasanah Publishing
Punya naskah? Ingin diterbitkan jadi sebuah buku? Percayakan naskah Anda bersama penerbitan kami

Minggu, 06 Oktober 2019

Jenis-Jenis Bangunan Masa Islam

Tinggalan bangunan masa Islam di Indonesia tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Ada beberapa jenis bangunan masa Islam, diantaranya Masjid, Keraton, Makam dan Benteng. Pada proses pengkajian terhadap bangunan tinggalan masa Islam, setiap jenis tinggalan tersebut memiliki ciri dan fungsinya masing-masing.

Masjid
Masjid merupakan salah satu jenis tinggalan bangunan masa Islam. Bangunan ini adalah tempat beribadah bagi agama Islam. Bangunan Masjid yang ditemukan dibeberapa daerah di Indonesia memiliki ciri-ciri yang umumnya seperti:

  1. Berdenah segiempat
  2. Mempunyai atap bertingkat dan ditunjang oleh 4 (empat) buah tiang
  3. Mempunyai mihrab serta mimbar
Selain ciri yang umumnya dimiliki oleh setiap tinggalan bangunan Masjid, dibeberapa Masjid memiliki tambahan bangunan yang menunjang aktivitas kegiatan di dalam Masjid, diantaranya:
  1. Serambi
  2. Tempat imam (pengimaman)
  3. Kolam tempat wudhu
  4. Tempat sholat wanita (pawestem)
  5. Menara
  6. Jam Matahari untuk menentukan waktu sholat
Terkadang pula, Masjid kuno yang memiliki posisi di pusat kota, biasanya terdapat maskura yakni tempat sholat sultan atau penguasa. Adapun fungsi dari bangunan Masjid merupakan tempat bersembahyang, tempat pendidikan agama dan aktivitas lain seperti pernikahan, urursan peradila, perayaan-perayaan hari besar Islam, dan lain sebagaianya. 
 
 
Keraton 
Tinggalan bangunan ini memiliki ciri, diantaranya terdiri atas beberapa bangunan dan dilindungi pagar dan parit keliling, sehingga terpisah dari bangunan-bangunan di luar keraton.
 
 
Makam
Tinggalan makam Islam di Indonesia pada umumnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut: didirikan disebuah lahan datar, lereng gunung, puncak bukit atau lahan yang sengaja ditinggikan, dan terkadang didirikan disekitar Masjid. Pendirian sebuah makam terkadang berupa bangunan individu maupun sebuah kompleks.
 
 
Benteng
Bangunan benteng juga ditemukan sebagai salah satu tinggalan masa Islam. Benteng yang terdapat pada masa Islam memiliki bentuk:
  1. benteng berupa tembok keliling yang mengitari suatu wilayah atau kota,
  2. benteng berupa sebuah bangunan
Di dalam bangunan benteng terdapat beberapa bangunan yang berfungsi sebagai tempat tinggal, gudang, penjara, dan lain-lain. Pembangunan Benteng sering memanfaatkan rintangan alam seperti parit, kanal, atau sungai yang bertujuan mempersulit pihak penyerang menerobos ke daerah pertahanan.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
#arkeologi #arkeologiindonesia #tinggalanarkeologi #arkeologiprasejarah #arkeologisejarah #arkeologiklasik #arkeologiislam #arkeologikolonial #heritage #arkeologimaritim #tinggalanmasalalun #tinggalanbudaya #budayamasalalu #sejarahbudaya #indonesia #wonderfulindonesia #heritageindonesia

Tidak ada komentar: