Al-Hasanah Publishing

Al-Hasanah Publishing
Punya naskah? Ingin diterbitkan jadi sebuah buku? Percayakan naskah Anda bersama penerbitan kami

Sabtu, 16 Januari 2021

Kerajaan-Kerajaan Maritim di Indonesia

sumber: encrypted-tbn0.gstatic.com


Munculnya kerajaan-kerajaan maritim di Nusantara pada masa lalu merupakat fakta sejarah yang kebenarannya tak tersanggahkan. Dalam buku Sejarah Maritim Indonesia karya Hamin Benardie SP (2003) tercatat berbagai rute pelayaran, perdagangan, serta kegiatan pembangunan perkapalan (galangan kapal/perahu) di kerajaan-kerajaan besar Nusantara, yang menitikberatkan kepada pembangunan kekuatan maritim. 


Terdapat enam kerajaan maritim diantaranya yakni:

1. Kerajaan Tarumanegara di Tanjung Priok Jakarta, abad ke-3 hingga 690 M

2. Kerajaan Mataram Kuno, masa pemerintahan dinasti Sanjayawamca dan Chailendrawamca menguasai Jawa Tngah dari abad ke-7 hingga abad ke-10

3. Kerajaan Darmawangca Jawa Timur, tahun 991-1016 M

4. Kerajaan Malayu Srivijaya (Sriwijaya) masa pemerintahan Balaputra dan Dharmapala di Sumatera Selatan abad 8 - 9

5. Kerajaan Samudera Pasai tahun 1225-1524 M

6. Kerajaan-kerajaan di Indonesia bagian timur


Empat dari enam kerajaan maritim terbesar di Nusantara, yakni Tarumanega, Mataram Kuno, Damawangca, dan Srivijaya inilah yang selanjutnya akan mewarnai pembangunan dunia maritim di Nusantara pada abad pertengahan dan berikutnya Samudera Pasai, Bante, dan kerajaan-kerajaan di Indonesia bagian timur.

Setiap kerajaan maritim di Nusantara, terutama kerajaan-kerajaan maritim yang besar, mempunyai strategi pengembangan kekuatan politik dan pembangunan sektor perdagangan dan industri teknologi kelautan.


1. Kerajaan Tarumanegara di Tanjung Priuk Jakarta, abad ke-3 hingga 690 M.

    Kerajaan Tarumanegara berdiri sekitar abad ke-3 Masehi dan terletak disekitar sungai Citarum. Rajanya yang terkena bernama Purnawarman. Selama Purnawarman berkuasa, kerajaan Tarumanegara sering mendapat kunjungan dari penjelajah asing dan banyak kapal-kapal asing yang berlabuh di kerajaan Tarumanegara. Para penjelajah yang singgah di kerajaan Tarumanegara, selain berdagang, juga menyebarkan agama yang mereka bawa kepada penduduk di wilayah Tarumanegara dan sekitarnya.


2. Kerajaan Mataram Kuno, masa pemerintahan dinasti Sanjayawamca dan Chailendrawamca meguasai Jawa Tengah dari abad ke-7 hingga abad ke-10

          Kerajaan Mataram Kuno terletak di daerah Jawa Tengah dan memiliki dua dinasti yang berkuasa yakni dinasti Sanjayawamca (Sajaya) dan dinasti Chailendrawamca (Syailendra). Kedua dinasti tersebut hidup rukun meskipun dengan perbedaan kepercayaan diantara keduanya. Dimana dinasti Sanjayawamca beragama Hindu dan dinasti Chailendrawamca beragama Budha.


3. Kerajaan Darmawangca Jawa Timur, tahun 991-1016 M

       Kerajaan Darmawangca merupakan salah satu dari kerajaan Mataram Kuno yang berdiri pada tahun 991 Masehi dan rajanya bernama Darmawangsa Teguh. Pada masa pemerintahannya, kerajaan ini merupakan daerah perdagangan yang ramai dikunjungi oleh bangsa-bangsa asing.


4. Kerajaan Malayu Srivijaya (Sriwijaya), masa pemerintahan Balaputra dan Dharmapala di Sumatera Selatan abad 8 dan 9

          Kerajaan Sriwijaya terletak di daerah Sumatera Selatan yang berdiri sekitar abad ke-7 M dan merupakan salah satu kerajaan maritim yang besar di kawasan Nusantara kala itu. Letaknya yang strategis, berada di jalur perdagangan antara India dan Cina, menjadikan kerajaan Sriwijaya yang di kenal juga sebagai kerajaan maritim, berkembang dengan sangat cepat. Kerajaan Sriwijaya menguasai wilayah Sumatera dan semenanjung Malaysia, sehingga seluruh selat Malaka yang sejak zaman prasejarah merupakan jalur pelayaran International, dikuasai oleh kerajaan Sriwijaya. Melalui jalur pelayaran International serta berperan aktif dalam perdagangan International, kerajaan Sriwijaya memperoleh kejayaan di kawasan Asia Tenggara. Kerajaan Sriwijaya juga disegani oleh bangsa-bangsa di Asia Selatan dan Asia Timur.

             Kegiatan perdagagan semakin meningkat ketika kerajaan Sriwijaya berada dibawah pemerintahan raja Balaputra Dewa, yang berhasil membawa kerajaan Sriwijaya mencapai masa keemasannya. Kerajaan Sriwijaya berkembang menjadi kota pelabuhan sekaligus kota perdagangan sehingga membutuhkan armada laut yang kuat untuk mengamankan kota dan wilayah kekuasaannya. Kapal-kapal yang singgah maupun yang berdagang dikenakan pajak dan beacukai. Rakyatnya sendiri mengandalkan perdagangan sebagai aktivitas utama perekonomian selain pertanian. Kerajaan Sriwijaya juga mengekspor gading, kulit penyu, emas, perak, dan kapur barus. Sedangkan barang yang diimpor adalah sutra, permadani, dan porselen.


5.  Kerajaan Samudera Pasai taun 1225-1524 M

         Kerajaan Samudera Pasai terleak di Lokseumawe, Aceh Utara. Wilayahnya berada pada jalur strategis untuk perdagangan karena terletak ditepi selat Malaka, yang merupakan jalur perdagangan International sehingga membuat kerajaan Samudera Pasai berkembang pesat sebagai pusat perdagangan. Selain merupakan pusat perdagangan rempah-rempah di abad ke-7 M, kerajaan Samudera Pasai juga merupakan tempat perkembangan ajaran Islam yang dibawa oleh para pedagang-pedagang dari Arab dan Persia.

            Di wilayah Samudera Pasai, terdapat pelabuhan-pelabuhan dagang yang penting dan menjadi tempat singgah dan bertemunya kapal-kapal dagang dari India, Cina, dan wilayah Indonesia lainnya. Posisi strategis wilayah kerajaan Samudera Pasai dimanfaatka oleh raja Samudera Pasai, raja Sultan Malik As-Shaleh, untuk meningkatkan perekonomian rakyatnya. Banyak pedagang dari berbagai negara berlabuh di Pelabuhan Samudera Pasai. Pelabuhan Pasai yang sangat strategis tersebut dijadikan sebagai tempat persinggahan barang-barang dari berbagai negara sebelum di ekspor ke tempat tujuan akhir. Mereka memperdagangkan berbagai barang yang sangat dibutuhkan oleh negara-negara yang berbatasan langsung dengan jalur perdagangan tersebut.


6.  Kerajaan-kerajaan di Indonesia bagian timur

         Kerajaan maritim di Nusantara bagian timur ialah Kerajaan Gowa tahun 1548-1669, Kesultanan Ternate dan Buton yang kurang lebih satu zaman dengan kerajaan Gowa. 

## Kerajaan Gowa

      Kerajaan maritim Gowa berdiri pada tahun 1548 M, yang berpusat di kota pelabuhan Somba Opu, menjalin hubungan dagang dengan kota-kota lainnya di Asia Tenggara, seperti Siam (1450-1469), Pegu (1472-1581), Malaka (1480-1511), Aceh (1570-1670), dan Banten (1600-1680). Di Sulawesi Selatan, sebelum tumbuhnya kota maritim Somba Opu, sebelah utaranya pernah tumbuh kerajaan maritim yang berpusat di Siang (daerah Barru/Pangkep), dan kota pelabuhan di Majene (Sulawesi Barat), serta di Suppa (Pinrang).

         Pada masa kejayaannya, kerajaan Gowa dibawah pimpinan raja Sultan Hasanuddin, para pedagang dari berbagai negara dan daerah melakukan kegiatan perdagangan. Sikap terbuka yang ditunjukkan/diperlihatkan masyarakat kerajaan Gowa, menyebabkan tebentuknya perdagangan bebas dikawasan tersebut. Pada abad ke-16, kerajaan Gowa mencapai puncak kejayaannya sebagai salah satu negara kerajaan maritim penting di Asia Tenggara dan terkuat di Nusantara bagian timur. Langkah-langkah penting ditempuh raja Gowa untuk membangun kerajaan maritim, antara lain:

1) Mengatur dan menguasai produk pertanian dan hasil-hasil hutan dipedalaman untuk komoditas perdagangan maritim

2)  Penguasaan jalur pelayaran dibagian timur nusantara dan menjadikan SombaOpu sebagai tempat pelabuhan transito utama bagi perdagangan rempah-rempa dari Maluku

3)  Menjalin hubungan kerjasama dan diplomatik dengan kerajaan-kerajaan maritim lainnya da menjadikan Somba Opu sebagai kota International


## Kesultanan Ternate

      Maluku dikenal di dunia International sebagai penghasil rempah-rempah sebagai komoditas ekspor utamanya. Hal tersebutlah yang memancing keterlibatan para saudagar Portugis dan Spanyol untuk kemudian didominasi oleh VOC yang merupakan salah satu penyebab munculnya kolonialisme Belanda serta menyebabkan runtuhnya kerajaan-kerajaan maritim di Nusantara bagian timur.



#arkeologi #arkeologiindonesia #tinggalanarkeologi #arkeologiprasejarah #arkeologisejarah #arkeologiklasik #arkeologiislam #arkeologikolonial #heritage #arkeologimaritim #tinggalanmasalalun #tinggalanbudaya #budayamasalalu #sejarahbudaya #indonesia #wonderfulindonesia #heritageindonesia


Tidak ada komentar: