Al-Hasanah Publishing

Al-Hasanah Publishing
Punya naskah? Ingin diterbitkan jadi sebuah buku? Percayakan naskah Anda bersama penerbitan kami

Senin, 09 Mei 2022

Macam-Macam Ragam Hias Indonesia

Jika membahas mengenai ragam hias di dunia maupun di Indonesia, tentu sangat banyak macam-macam atau jenisnya. Di Indonesia sendiri, sangat banyak ragam hias yang dapat kita jumpai di seluruh Indonesia. Ada beberapa macam ragam hias Indonesia yang dibagi oleh beberapa ahli.

Menurut Van Der Hoop (1949:15) membagi macam-macam ragam hias berdasarkan sifatnya. Ada ragam hias ilmu ukur dan ragam hias naturalis. Ragam hias naturalis terbagi ke dalam beberapa ragam hias dalam urutan ilmu hayat dari atas ke bawah, yaitu ragam hias manusia, ragam hias bagian tubuh manusia, ragam hias hewan, ragam hias tanaman, dan ragamhias lainnya.

Sedangkan menurut Soegeng Toekio (1987:10), ragam hias dikelompokkan menjadi empat yaitu: 1) kelompok bentuk geometris, 2) kelompok bentuk penggayaan dari tumbuhan, 3) kelompok bentuk penggambaran makhluk hidup, dan 4) kelompok ragam hias dekoratif yang merupakan kelompok gabungan dari beberapa jenis ragam hias. 

Secara garis besar, berdasarkan kedua pendapat ahli tersebut, tidak ada perbedaan yang berarti namun hanya berbeda pada pengungkapannya.  Beberapa ahli antropologi dan arkeologi menyimpulkan bahwa ragam hias geometris merupakan ragam hias yang memiliki usia cukup tua. Kebenaran ini dibuktikan dengan temuan-temuan masa lampau yakni adanya karya-karya indah seperti benda-benda purbakala dan benda-benda pakai yang dapat dijumpat di museum. Hal tersebut merupakan sebuah karya peninggalan dari generasi terdahulu yang bernilai tinggi.

Tidak ada komentar: