Al-Hasanah Publishing

Al-Hasanah Publishing
Punya naskah? Ingin diterbitkan jadi sebuah buku? Percayakan naskah Anda bersama penerbitan kami

Senin, 09 Mei 2022

Sejarah Seni Ragam Hias Indonesia



Sejarah seni ragam hias di Indonesia, diawali pada zaman Prasejarah yaitu pada masa Neolitikum sekitar 4000 tahun yang lalu. 

Berdasarkan penemuan-penemuan yang telah ada serta penyelidikan mengenai perbandingan bahasa, maka dapat dipastikan bahwa bangsa Indonesia berasal dari Yunnan, di daerah Cina Selatan, tempat hulu sungai-sungai besar seperti Yangtse-Kiang, Mekong, Saluen, Irawadi dan Brahmaputra. Mereka datang ke Indonesia melalui dua gelombang, yaitu 1) sekitar tahun 2000 sebelum masehi yakni pada zaman Neolitikum, dan 2) sekitar tahun 500 sebelum masehi bersamaan dengan zaman Perunggu (Soedarso Sp.,1990-1991:13). Mereka mengarungi lautan dengan rakit serta perahu bercadik melalui India Belakang dan Semenanjung Malaya, menuju ke kepulauan Indonesia. Mereka datang ke kepulauan Indonesia dengan membawa kepandaian mengasah alat-alat batu, bertempat tinggal tetap, bersawah, berternak dan bermasyarakat. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya perubahan, dimana mereka tidak lagi mencari setiap hari sehingga memiliki waktu kosong yaitu pada saat menunggu masa panen. Mereka mulai hidup bermasyarakat, bergaul dan bekerja sama. Dari sinilah seni lahir pada masa Neolitikum.

Seni bagi mereka bukan sebagai barang mewah, melainkan sebagai barang guna yang dimanfaatkan dalam bermacam-macam upacara ritual. Dengan kata lain, seni prasejarah adalah seni ritual magis yang dipergunakan sebagai alat untuk mencapai tujuan dengan cara yang irasional dan bersifat simbolik. Setiap bentuk selalu memiliki arti tertentu, demikian juga dengan penggunaan macam-macam warna. Masyarakatnya merupakan masyarakat animistik, yakni pemegang adat dan tradisi, percaya adanya roh dan anima dimana-mana, ada yang baik dan buruk. Roh nenek moyang dianggap sc/saebagai roh yang baik, oleh karena itu, dipuja dan sekaligus sebagai penjaga kelangsungan hidup. Praktek pemujaan sangat populer, maka bermunculan bentuk arca nenek moyang dan tempat pemujaan yang berundak-undak. Sebagai contoh, motif biawak, kadal ataupun cicak yang digambarkan sebagai jelmaan nenek moyang yang terdapat di dinding-dinding goa dan di pintu-pintu rumah dianggap sebagai roh-roh nenek moyang yang akan menghalau segala sesuatu yang jahat. Bekas kepercayaan tersebut masih dapat disaksikan hingga sekarang ini, misalnya pada lumbung orang Batak yang berhiaskan kadal. Selain itu, motif kerbau, gajah dan kuda yang dilukiskan sebagai lambang kendaraan roh nenek moyang, masih dapat dilihat pada atap rumah orang Toraja dan Minangkabau. Kerbaumenjadi lambang kesuburan, ular yang melata melambangkan dunia bawah, burung melambangkan dunia atas sebagai penggambaran roh nenek moyang yang sedang terbang ke surga,pohon hayat atau pohon kehidupan yang dianggap pohon yang keramat yang sanggup menghubungkan dua dunia dan sekaligus sebagai pohon keinginan, pohon yang dapat memberikan apa saja yang diinginkan oleh manusia.

Seni ragam hias di Indonesia juga mendapat pengaruh dari kebudayaan Dong Son. Kebudayaan Dong Son merupakan kebudayaan yang dibawa oleh oleh orang dari daratan Asia ke Indonesia sekitar 500 tahun sebelum masehi, yang membawa kebudayaan perunggu. Seni perunggu Indonesia adalah seni yang mengawali ciri khas seni Indonesia. Teknik perunggu memiliki kemampuan yang lebih dalam dibandingkan dengan teknik batu yang merupakan teknik sebelumnya, apalagi bersamaan dengan datangnya pola-pola hias baru dari luar. Datangnya motif hias meander yang banyak terdapat di Yunani, ada juga pada kesenian Dong Son. Menurut Soedarso, menyebutkan bahwa jenis kesenian yang dibawa tersebut adalah corak kesenian yang bersaudara dengan seni Mikenis di Yunani, yaitu sebuah corak kesenian yang dekoratif, penuh dengan serba lengkung, spiral dan juga terkenal dengan meandernya.

Corak Chou Akhir merupakan seni hias orang Cina yang cukup tua yang mendapat pengaruh dari Barat yang sudah ditransformasikan keindahan seninya. Corak Chou Akhir atau Corak Huai dan kesenian Dong Son di teluk Tonkin, sama-sama memengaruhi kesenian Indonesia pada zaman Prasejarah dan munculnya tiga corak seni hias, yaitu: 

  1. Corak Monumental, 
    Corak monumental merupakan corak yang dihubungkan dengan kesenian neolitik, dengan ciri-ciri penggambaran tokoh nenek moyang. Dilukis secara frontal disamping motif-motif simbolis lainnya, seperti tandukkerbau, berbagai binatang yang memiliki nilai simbolis, kodok, pohon hayat, dan beberapa motif geometris. Corak yang monumental memiliki dua makna, yaitu banyak berhubungan dengan monumen dalam arti sebenarnya, atau alasan estetis karena corak bersifat monumental. 
  2. Corak Dong Son, 
    Corak Dong Son memiliki kecenderungan dekoratif, kurang simbolis, sehingga dekat dengan semboyan l'art pour l'art (seni untuk seni). Bentuk motifnya seperti spiral, spiral berganda dari Kaukasus, tumpal, motif tangga,meander dari kebudayaan Hallfstaf,kombinasi antara motif-motif manusia, binatang dan ornamen lainnya. Motif-motif tersebut digunakan untuk mengisi bidang datar yang luas dengan jalan pengulangan dari motif dasarnya. Pengaruh corak ini terasa di hampir seluruh kepulauan Indonesia. 
  3. Corak Chou Akhir. 
    Corak Chou Akhir mempunyai ciri tidak adanya komposisi yang simetris. Tekanan dalam corak ini adalah penerapan garis-garis irama yang melengkung-lengkung memenuhi seluruh permukaan. Paling banyak di daerah Kalimantan dan sekitarnya.

Munculnya pengaruh kebudayaan Indonesia Hindu dan kebudayaan Indonesia Islam juga mempengaruhi seni ragam hias yang ada di Indonesia. Kebudayaan Hindu dari India masuk ke Indonesia bersamaan dengan masuknya agama Hindu, yaitu sekitar kurang lebih 150 Masehi, dan kebudayaan Islam masuk ke Indonesia sekitar tahun 1275 Masehi (Djumeno,1990:3-4). Kebudayaan Indonesia Hindu dan kebudayaan Indonesia Islam dikenal dengan seni rupa klasik.

Seni rupa klasik yang bercorak Hindu mencapai puncaknya di pulau Jawa dan Bali, sedangkan seni klasik yang bercorak Islam terdapat dibeberapa daerah kekuasaan raja-raja Islam seperti di Sumatera, Jawa, Madura dan kepulauan Maluku (Yudoseputro,1990-1991:33).Candi dengan relif yang menghiasi, merupakan bentuk peninggalan dari bangunan kebudayaan Indonesia Hindu yang tidak hanya mencerminkan nilai-nilai keindahan tetapi juga keluasan wawasan seninya. Sedangkan bentuk peninggalan kebudayaan Islam berupa istana dengan segala isinya dan aturan-aturan yang berlaku dalam istana yang sangat berpengaruh besar terhadap seluruh kehidupan masyarakat. Letaknya yang strategis sebagai lalu lintas perdagangan terutama di pesisir pulau Jawa sebelah utara membawa akibat banyaknya kapal asing yang singgah. Hal tersebut menimbulkan terjadinya tukar menukar berbagai barang dari luar dengan hasil bumi Indonesia, seperti halnya keramikdan sutra dari Cina, kain Cinde dari India Barat dan lain-lain. 

Kekayaan rempah Indonesia menarik bagi orang asing untuk berlomba-lomba datang ke Indonesia. Secara silih berganti bangsa Cina, India, Portugis, Arab, Belanda, Inggris mendatangi Indonesia. Ada yang menetap bahkan ada yang menjajah hingga ratusan tahun. Namun jika melihat disisi lainnya, mereka menjajah tetapi juga meninggalkan peninggalan dengan seni hias yang indah, yang tentunya juga memengaruhi seni ragam hias yang ada di Indonesia.




Tidak ada komentar: