Al-Hasanah Publishing

Al-Hasanah Publishing
Punya naskah? Ingin diterbitkan jadi sebuah buku? Percayakan naskah Anda bersama penerbitan kami

Jumat, 25 Januari 2019

Situs Prasejarah di Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan-Indonesia

Kegiatan ini merupakan kegiatan kuliah lapangan mata kuliah “Prasejarah Sulawesi” yang dibina oleh dosen pengajar mata kuliah Pak Muhammad Nur, pada tanggal 16-18 April 2010. Kegiatan yang dilakukan adalah mengunjungi situs-situs, belajar membuat alat batu, melaporkan hasil kegiatan, memasak dan pada hari terakhir, berekreasi ke air terjun yang dikelilingi oleh pelangi. Air terjun ini berada di atas gunung dan untuk menempuh kesana, harus melewati jalan yang melelahkan, mendaki, lewat sawah, sungai, rumah penduduk dan hutan-hutan. Adapun situs-situs arkeologi yang dikunjungi adalah:


•    Rumah bergambar cap telapak tangan. Situs ini berada di Barru, Taneterilau, Lingkungan Ralla, Kelurahan Lp Riaja, Kecamatan Riaja. Beberapa rumah di daerah ini memiliki gambar cap telapak tangan berwarna putih. Cap telapak tangan ini berada di tiang rumah bagian atas dan bawah, serta disamping dan atas pintu. Cap telapak tangan ini positif, yaitu tangan dicelup lalu ditempel. Kegiatan member cap telapak tangan pada tiang rumah dilakukan ketika orang Barru pindah rumah. Kegiatan ini diadakan dengan upacara.

•    Kuburan/Tampung Le’bae. Kuburan ini berada tidak jauh dari rumah-rumah yang memiliki cap telapak tangan, berjarak ±100 meter. Makam ini berorientasi utara-selatan. Nisannya menyerupai menhir. Makam yang berukuran sedang memiliki bentuk badan makam yang tersusun atas batu-batu yang rapid an berbentuk persegi panjang. Semua makam memiliki badan makam, hanya ada beberapa makam yang badan makamnya sudah tidak terlalu kentara karena telah tertutup oleh tanah. Bentuk badan makam ada pula yang tersusun dari batu kali yang kecil-kecil, baik yang diletakkan begitu saja batu-batunya, ada pula yang rapi, disusun berbentuk persegiempat dan besar serta nisannya ada dua. Nisan pada makam terdiri dari nisan besar sebanyak 7 yang berukuran 180-250cm, nisan sedang sebanyak 37 dengan ukuran 90-180cm, dan nisan kecil sebanyak 139 dengan ukuran 0-90cm.

Tidak ada komentar: