Al-Hasanah Publishing

Al-Hasanah Publishing
Punya naskah? Ingin diterbitkan jadi sebuah buku? Percayakan naskah Anda bersama penerbitan kami

Jumat, 20 Mei 2022

Kegiatan Desa Binaan Fakutas Ilmu Budaya Universitas Halu Oleo di desa Buke, Kabupaten Konawe Selatan


Dalam upaya mendukung program pemerintah untuk menggali potensi dan memajukan desa yang ada di wilayah Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Halu Oleo melaksanakan kegiatan Program Desa Binaan. Program Desa Binaan dilaksanakan ditiga desa yang berada di wilayah Sulawesi Tenggara. Salah satu desa yang menjadi desa pilihan pada Program Desa Binaan FIB UHO adalah Desa Buke, Kecamatan Buke, Kabupaten Konawe Selatan.

Program Desa Binaan di Desa Buke dilaksanakan selama tiga hari. Dimana hari pertama yakni pada hari Kamis, 12 Mei 2022 adalah melakukan survey awal. Survey ini dilakukan oleh beberapa orang dalam tim untuk berkoordinasi awal kepada pemerintah terkait. Selanjutnya, kegiatan dilaksanakan selama dua hari yakni 14-15 Mei 2022 dengan jumlah anggota dosen FIB UHO sebanyak 10 orang dan 5 orang mahasiswa. Kegiatan ini mengusung judul "Menggali Potensi Sejarah, Budaya dan Pariwisata Menuju Masyarakat Unggul, Maju, Sejahtera dan Berdaya Saing", yang diketuai oleh pak La Janu, S.Sos.,M.A.

Hari pertama kegiatan dibuka oleh Camat dan Kepala Desa setempat yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan mencari bahan atau mewawancarai tokoh-tokoh setempat guna memperoleh data potensi desa. Desa Buke sendiri dipilih menjadi salah satu Desa Binaan oleh FIB UHO karena di Desa Buke memiliki  tradisi pertanian yang disebut Tradisi Mondau yang masih terjaga dan perlu dilestarikan.

Selain itu dilaksanakan pula kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan tema "Pemberdayaan Potensi Adat Buke Menuju Desa Inspiratif Berbasis Kearifan Lokal", yang setelahnya dirangkaian dengan kegiatan penandatanganan kerjasama antara Fakultas Ilmu Budaya Universitas Halu Oleo dengan Desa Buke. Penandatanganan diwakili oleh Wakil Dekan III FIB UHO dan Sekdes Desa Buke, Kecamatan Buke, Kabupaten Konawe Selatan. Melalui kerjasama yang dilakukan, diharapkan seluruh kegiatan kerjasama dapat berjalan sebagaimana mestinya.


Tidak ada komentar: