Al-Hasanah Publishing

Al-Hasanah Publishing
Punya naskah? Ingin diterbitkan jadi sebuah buku? Percayakan naskah Anda bersama penerbitan kami

Minggu, 16 Oktober 2022

Sejarah Filolongi di Zaman Renaisans

Zaman Renaisans memiliki pengertian bahwa perubahan dalam lapagan sejarah kebudayaan serta peralihan dari zaman pertengahan ke zaman baru. Zaman Renaisans muncul di Italia sekitar abad ke-13 yang dimulai dari gerakan kalangan sarjana dan seniman yang berkembang menjadi cara berpikir masyarakat di kawasan Eropa sampai berakhir pada abad ke-16. 

Dalam arti sempit, zaman Renaisans merupakan masa dimana masyarakat kembali memerhatikan kebudayaan klasik sebagai pedoman hidup. Sedangkan dalam arti yang lebih luas, zaman Renaisans merupakan periode dimana mayarakat barat cenderung pada pemikiran Yunani yang beraliran Humanisme. 

Humanisme sendiri merupakan aliran yang mempelajari sastra klasik untuk menggali kandungan isinya yang meliputi keagamaan, filsafat, ilmu hukum, sejarah, ilmu bahasa, kesustraan, dan kesenian. Telaah terhadap teks lama yang telah berabad-abad sudah ditinggalkan, kembali diperhatikan dengan objek kajian tetap berupa kritik teks dan sejarahnya. 

Pada abadke-15, Romawi Timur (Bizantium) jatuh ke tangan Dinasti Utsmani (Turki) yang mengakibatkan perpindahan para filolog ke Eropa Selatan (kota Roma). Di kota Roma, para filolog kemudian melakukan penyalinan naskah dan penerjemahan teks Yunani ke dalam bahasa Latin.





Sumber: 

catatan kuliah Agus Supriatna ketika menempuh pendidikan

Tidak ada komentar: