Al-Hasanah Publishing

Al-Hasanah Publishing
Punya naskah? Ingin diterbitkan jadi sebuah buku? Percayakan naskah Anda bersama penerbitan kami

Minggu, 24 Februari 2019

Analisis Qafiyah syair-syair Al-khansa suatu studi analisis struktural pendekatan ilmu Arudh

Skripsi yang berjudul Analisis Qafiyah syair-syair Al-khansa suatu studi analisis struktural pendekatan ilmu Arudh  ini membahas struktur fisik syair al-Khansa yakni struktur qafiyah yang diambil dari buku yang berjudul Diiwaan al-Khansa. Analisis dilakukan terhadap beberapa qashidah yang ada di dalam diwan. Penelitian ini menganalisis  struktur qafiyah yang ada dalam syair Khansa seperti: harakatul qafiyah, adadul qafiyah, anwa’ul qafiyah, hududul qafiyah, ‘uyuburawi, dan assanadat.


Syair-syair  al-Khansa yang dianalisis penulis sebanyak 41 qasidah dan berjumlah 287 bait yang diambil dari ad-Diwanul Khansa, terdiri dari :
  1. Qafiyah ba ( ب ) berjumlah 3 qashidah.
  2. Qafiyah ta ( ت ) berjumlah 2 qashidah.
  3. Qafiyah ha ( ح ) berjumlah 3 qashidah.
  4. Qafiyah dal ( د ) berjumlah 5 qashidah.
  5. Qafiyah ra ( ر ) berjumlah 5 qashiadah.
  6. Qafiyah zay ( ز ) berjumlah 1 qashidah.
  7. Qafiyah sin ( س ) berjumlah 2 qashidah.
  8. Qafiyah dhadh ( ض ) berjumlah 1 qashidah.
  9. Qafiyah ‘ain ( ع ) berjumlah 2 qashidah.
  10. Qafiyah fa` ( ف ) berjumlah 2 qashidah.
  11. Qafiyah qaf ( ق ) berjumlah G2 qashidah.
  12. Qafiyah lam ( ل ) berjumlah 6 qashiadah.
  13. Qafiyah mim ( م ) berjumlah 2 qashiadah.
  14. Qafiyah nun ( ن ) berjumlah 1 qashidah.
  15. Qafiyah ha` ( ﻫ ) berjumlah 1 qashiadah.
  16. Qafiyah ya` ( ي ) berjumlah 2 qashidah.
Dari 41 qasidah yang dianalisis terdapat 31 qashidah yang bebas dari uyubul qafiyah dan sinadaat, dan 10 qashidah yang terdapat uyubul qafiyah dan sinadaat, yaitu: qashidah 10.D , qashidah 11.D, qashidah 13.D, qashidah 23.H, qashidah 26.J, qashidah 27.j, qashidah 28.K, qashidah 33.L, qashidah 36.M, qashidah 40.P.

Metode yang digunakan dalam menganalisis syair tersebut ialah metode deskriptif analitik yaitu permasalahan diuraikan, studi kepustakaan, dan dianalisis dengan teori ilmu arudh sebagai satu pendekatan untuk menganalisis karya sastra.

——-

Skripsi ini adalah tugas akhir suami saya pada studi S1 Universitas Padjajaran, Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra. Memulai studi pada jenjang tersebut pada tahun 2001 dengan NIM H1I 01 038, dan menyelesaikan studi pada tahun 2005 dengan gelar Sarjana Sastra (S.S.).

Untuk versi lengkapnya, bisa menghubungi saya atau ke perpustakaan jurusan Sastra Arab Universitas Padjajaran, perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjajaran, perpustakaan Universitas Padjajaran, Bandung.

Tidak ada komentar: